top of page
Search

5 Tips Memaksimalkan Tidur Kamu



Tidur adalah hal yang sama pentingnya dengan nutrisi dan olahraga untuk memperbaiki kesehatan, performa harian, dan komposisi tubuh. Tidur memiliki pengaruh penting terhadap kualitas hidup kita sehari-hari. Ketika pola tidur tidak teratur, maka kesehatan tubuh mungkin juga akan mengalami gangguan. Baik gangguan secara fisik maupun mental.


Tidur yang berkualitas membantu memulihkan tubuh dan pikiran, merampingkan tubuh, membuat mood atau suasana hati menjadi bahagia, membuat kita lebih fokus, dan secara keseluruhan lebih sehat.


Banyak penelitian dari para ahli menunjukkan bahwa orang yang memiliki pola tidur tidak teratur dapat berpengaruh terhadap tubuh, otak, daya pikir yang menurun, kemampuan bekerja, bahkan sampai tingkat konsentrasi yang bermasalah.


Kualitas tidur yang buruk secara terus menerus dapat meningkatkan kadar lemak tubuh, mengacaukan kadar hormon di dalam darah, membuat kita lebih cepat tua, dan meningkatkan risiko terjadinya penyakit kronis seperti Serangan Jantung, Obesitas, Kanker, Diabetes, dan penyakit lainnya.


Selain itu, kualitas tidur yang buruk menurunkan IQ dan pesona kita. Untungnya, riset menunjukkan bahwa memperbaiki kualitas tidur dapat dengan cepat menurunkan risiko-risiko tersebut. Maka, penting sekali untuk dapat meningkatkan kualitas pola tidur, sehingga Anda bisa mendapatkan manfaat tidur saat terbangun pada pagi hari.


Tips Memaksimalkan Tidur

Kesehatan fisik dan mental dapat meningkat dengan baik apabila seseorang memiliki kebiasaan tidur yang nyenyak. Ketika Anda mengalami tidur tidak teratur, maka energi untuk melakukan aktivitas harian juga akan ikut terpengaruhi. Selain itu, keseimbangan emosi dan berat badan juga akan terganggu.


Kesulitan dalam tidur pada malam hari sudah sering dialami oleh banyak orang, ada kalanya mereka akan begadang karena kesusahan tersebut. Tidur nyenyak pada malam hari memang tampak seperti perkara yang susah bagi sebagian orang.


Akan tetapi, sebenarnya Anda sendiri adalah pemegang kendali paling besar terhadap kualitas tidur, meskipun Anda tidak menyadari hal tersebut. Tidak sedikit juga orang yang memilih menggunakan obat tidur untuk mengubah pola tidur menjadi lebih teratur.


Oleh sebab itu, berikut kami berikan tips untuk memaksimalkan tidur yang berkualitas.


1. Pastikan Suasana Kamar Tidur Sudah Nyaman

Hal pertama yang dapat Anda coba adalah dengan memastikan bahwa kamar tidur yang akan tempati memiliki suasana nyaman. Ini bertujuan untuk membuat tidur Anda menjadi lebih terasa damai dan nyaman.


Namun, sangat disayangkan bahwa masih banyak orang yang kerap mengabaikan tips satu ini. Untuk menciptakan kamar tidur yang nyaman, desain kamar juga turut mempengaruhinya.


Oleh karena itu, ketika menentukan desain kamar tidur, Anda harus lebih fokus pada kenyamanan diri sendiri. Sehingga, gangguan ketika ingin tidur dapat diminimalkan. Lantas, bagaimana caranya?


Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk membuat kamar tidur terasa nyaman. Antara lain dengan menggunakan kasur dan bantal berkualitas, ini bertujuan supaya Anda dapat berbaring dengan nyaman dan tidak merasakan rasa sakit.


Kemudian, Anda dapat menggunakan selimut dan seprai yang lembut ketika disentuh. Jangan lupa untuk menghindari paparan cahaya atau meredupkan cahaya kamar, supaya tidak menyilaukan mata. Jika perlu, disarankan untuk memasang tirai dan masker mata sehingga membuat tidur Anda semakin nyenyak.


Selain itu, Anda juga harus memastikan bahwa kamar tidur sudah dalam keadaan tenang tanpa suara. Pastikan suhu kamar cocok, tidak terlalu dingin maupun panas. Pasang juga pewangi ruangan yang menenangkan, sehingga Anda dapat tidur dengan mudah.


2. Membuat Jadwal Tidur yang Optimal

Tips untuk memaksimalkan tidur selanjutnya adalah dengan mengontrol jadwal tidur secara optimal, karena hal tersebut adalah langkah yang baik untuk membuat tidur Anda semakin berkualitas. Untuk dapat mewujudkannya, Anda harus memiliki strategi yang tepat sasaran.


Anda dapat membuat jadwal tidur sesuai dengan waktu yang tepat dan pastikan untuk mempertahankannya. Hal ini karena ada kemungkinan bahwa tubuh tidak terbiasa dengan waktu yang berbeda-beda. Buatlah durasi waktu yang sesuai dengan jadwal tidur yang Anda punya.


Sangat disarankan untuk mengatur jadwal tidur pada siang hari, karena tidur pada waktu tersebut dapat mengganggu jadwal tidur malam, apabila terlalu lama. Jika Anda ingin tidur siang, sebaiknya sebelum pukul empat sore dan hindari tidur siang di atas pukul empat sore.


3. Sebelum Tidur, Lakukan Kegiatan yang Sehat

Ketika Anda merasa kesulitan saat ingin tidur, ternyata itu dapat disebabkan karena rutinitas yang tidak sehat sebelum tidur. Waktu menjelang tidur sendiri memiliki peran penting terhadap tidur cepat yang mudah dan nyenyak. Mengapa demikian? Hal ini karena rutinitas sehat dapat menciptakan suasana tidur yang tenang.


Oleh sebab itu, sebisa mungkin Anda meluangkan waktu untuk melakukan rutinitas sehat secara konsisten. Anda dapat melakukannya setiap malam, sehingga dapat membantu untuk memperkuat kesehatan tubuh dan pikiran saat sedang tidur.


Anda juga bisa mengistirahatkan diri sebelum masuk waktu tidur, perkiraan waktu sekitar 30 menit. Kemudian, matikan lampu dan berhenti bermain ponsel ketika berada di kasur.


Selain itu, pastikan untuk menghindari makanan pedas dan minuman yang mengandung kafein karena dapat menyebabkan sulit tidur.


4. Jangan Melakukan Olahraga Berat Menjelang Tidur

Meskipun olahraga adalah salah satu aktivitas yang membuat sehat, namun kegiatan ini juga dapat membuat efek kelelahan pada tubuh. Ketika merasa lelah, tubuh Anda akan mudah terlelap. Akan tetapi, ternyata olahraga juga dapat membuat tubuh semakin sulit tidur karena efek segar setelah berolahraga.


Untuk Anda yang sedang dalam fase sulit tidur karena sebelumnya melakukan olahraga, maka disarankan untuk menggantinya dengan aktivitas relaksasi. Aktivitas tersebut seperti mendengarkan musik, membaca buku, melakukan yoga, atau bisa berendam dengan air hangat.


5. Melakukan Meditasi

Menurut studi JAMA Internal Medicine yang terbit pada tahun 2015, ahli peneliti telah menganalisis bahwa kegiatan meditasi dapat mempengaruhi 49 orang dewasa yang mempunyai masalah pola tidur.


Para peserta tersebut melakukan meditasi dan pada akhir penelitian, mereka yang melakukan meditasi lebih sedikit mengalami insomnia. Selain itu, rasa lelah pada siang hari juga ikut berkurang. Para peneliti juga menyatakan bahwa meditasi memiliki kemungkinan untuk membantu dalam kesulitan tidur seseorang.


Permasalahan tidur kerap terjadi karena sebuah kekhawatiran atau stres. Dengan melakukan meditasi, respon relaksasi pada tubuh Anda juga akan meningkat.


Selain itu, meditasi juga dapat mengontrol saraf otonom dan meminimalisir Anda mudah terbangun saat tidur. Manfaat lain yang bisa Anda dapatkan dari meditasi adalah meningkatnya hormon melatonin, yakni hormon tidur.


Selain itu, ada juga manfaat lain yang didapat yaitu peningkatan hormon serotonin, mengurangi tekanan darah, menurunkan detak jantung yang berlebihan, dan memudahkan otak untuk mengontrol tidur lebih mudah. Sehingga Anda akan mendapatkan tidur dan hidup yang semakin berkualitas.


Itulah beberapa tips memaksimalkan tidur yang dapat Anda coba dengan mudah dan murah. Anda ingin mengetahui tips kesehatan lainnya? Yuk konsultasikan sekarang dengan Nutrition Coach kami!


10 views5 comments
Post: Blog2_Post
bottom of page