top of page
Search

Sate Kambing dapat Meningkatkan Tekanan Darah, Benarkah?



Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan makanan yang bernama sate kambing. Selain terkenal akan kelezatannya, ada juga kabar yang beredar di masyarakat bahwa sate kambing dapat meningkatkan tekanan darah. Namun apakah hal tersebut benar?


Jika sate kambing dapat meningkatkan tekanan darah memang benar, maka menjadi kabar baik bagi para penderita tekanan darah rendah. Apakah dengan mengkonsumsi sate kambing, menjadi solusi bagi penderita tekanan darah rendah bisa kembali normal? Mari kita bahas mengenai hal ini lebih lanjut lagi.


Sate Kambing dapat Meningkatkan Tekanan Darah?

Jawaban atas kabar yang banyak beredar di masyarakat bahwa sate kambing dapat meningkatkan tekanan darah, kurang tepat. Hal ini karena daging kambing yang merupakan bahan pokok membuat sate kambing tidak memiliki efek meningkatkan tekanan darah secara langsung.


Daging kambing ternyata memiliki kadar atau jumlah lemak jenuh yang sangat rendah dan tidak akan membahayakan jantung Anda. Rendahnya kadar atau jumlah lemak jenuh pada daging kambing dapat mengobati peradangan dan memperbaiki kadar kolesterol dalam tubuh Anda.


Banyaknya kabar yang mengatakan bahwa sate kambing dapat meningkatkan tekanan darah sebenarnya tergantung dengan cara mengolah atau memasak daging kambing tersebut. Di Indonesia sendiri, umumnya daging kambing diolah dan dimasak dengan cara digoreng, dipanggang, atau dibakar.


Panasnya proses selama mengolah daging kambing juga akan menghilangkan kadar atau jumlah air dalam daging.


Cara mengolah daging kambing inilah yang menyebabkan meningkatnya jumlah kalori dalam olahan daging kambing. Cara mengolah daging kambing pada umumnya membutuhkan beberapa bahan lain seperti minyak goreng, margarin atau mentega.


Minyak goreng, margarin atau mentega yang masuk ke dalam atau diserap oleh daging kambing yang membuat makanan tersebut memiliki kadar atau jumlah kalori yang cukup tinggi ketika masuk ke dalam tubuh.


Sehingga proses mengolah daging kambing menggunakan minyak dan sejenisnya dapat meningkatkan kadar atau jumlah kalori makanan hampir mencapai 64%.


Tingginya kadar atau jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh Anda, selanjutnya akan berubah menjadi lemak dan dalam waktu lama. Lemak yang berlebih akan menumpuk di pembuluh darah serta dapat meningkatkan tekanan darah Anda.


Sate Kambing Solusi Bagi Penderita Darah Rendah?

Mengkonsumsi sate kambing untuk meningkatkan tekanan darah bagi penderita darah rendah ternyata kurang tepat. Bagi penderita darah rendah tentunya boleh mengkonsumsi sate kambing sesuai kebutuhan. Namun untuk mengatasi tekanan darah rendah, sebaiknya Anda dapat mengkonsultasikan terlebih dahulu kepada dokter.


Manfaat Kesehatan dari Daging Kambing

Daging kambing memiliki beberapa manfaat kesehatan yang baik untuk tubuh Anda. Banyak ahli yang sudah mengatakan bahwa daging kambing memiliki kandungan gizi yang baik bagi tubuh.


Beberapa kandungan gizi yang ada dalam daging kambing seperti kalori, lemak jenuh, dan kolesterol yang lebih rendah dibandingkan daging lain pada umumnya.


Daging kambing juga memiliki zat besi yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan daging sapi, daging ayam, daging domba dan daging babi dengan porsi yang sama. Selain itu juga daging kambing memiliki kadar kalium yang tinggi dan natrium yang rendah.


Berikut ini adalah beberapa manfaat kesehatan daging kambing untuk tubuh Anda.


1. Membantu Mengatasi Anemia

Manfaat kesehatan dari daging kambing yang pertama adalah mengatasi Anemia, namun diimbangi dengan konsumsi buah dan sayuran yang sesuai serta dikonsultasikan dengan dokter Anda.


Anemia adalah kondisi dimana kekurangan sel darah merah dalam tubuh. Daging kambing dapat membantu Anda mengatasi hal ini karena daging kambing memiliki kandungan vitamin B12, folat dan zat besi.


Kandungan tersebut telah terbukti dapat membantu produksi sel darah merah dalam tubuh Anda dan dapat membantu mengatasi anemia, baik Anemia defisiensi besi maupun Anemia megaloblastik. Sel darah merah memiliki peran yang penting dalam tubuh untuk mengantarkan nutrisi dan oksigen ke seluruh jaringan tubuh.


2. Menjaga Kesehatan Jantung

Anda mungkin tidak mengira manfaat kesehatan dari daging kambing yang satu ini, yaitu dapat menjaga kesehatan jantung Anda. Daging kambing memiliki kadar atau jumlah kalium yang cukup tinggi sehingga dapat membantu jantung bekerja memompa darah dan menjaga detak jantung Anda tetap normal.


Selain itu, daging kambing memiliki kadar atau jumlah kolesterol rendah yang dapat mengurangi risiko terjadinya penyumbatan pada pembuluh darah. Penyumbatan pada pembuluh darah sendiri dapat menimbulkan berbagai macam penyakit jantung.


3. Menjaga Kesehatan Tulang

Manfaat kesehatan dari daging kambing berikutnya adalah menjaga kesehatan tulang Anda. Hal ini dapat terjadi karena daging kambing memiliki berbagai mineral yang baik untuk tulang Anda. Beberapa mineral tersebut adalah kalsium, kalium dan fosfor.


Mineral yang ada pada daging kambing memiliki manfaat bagi kesehatan tulang Anda. Seperti kalsium dan fosfor yang membantu penyusunan tulang dan membantu menjaga kepadatan tulang, sedangkan kalium dapat membantu kalsium dalam membantu meningkatkan kepadatan tulang Anda.


4. Membantu Massa Otot

Daging kambing juga termasuk daging hewan yang merupakan sumber protein yang lengkap dan mengandung delapan asam amino serta baik bagi tubuh Anda. Berdasarkan hasil penelitian, protein dan asam amino mampu meningkatkan massa otot tubuh Anda.


Hasil penelitian lainnya menyatakan jika protein pada daging hewan lebih baik dalam pembentukan massa otot daripada sumber protein lainnya seperti protein nabati yang terdapat pada beberapa makanan seperti tempe atau tahu.



5. Membantu Anda Diet

Manfaat kesehatan dari daging kambing lainnya adalah dapat membantu Anda diet. Hal ini karena daging kambing memiliki kadar atau jumlah protein yang cukup tinggi yang dapat mengurangi jumlah asupan kalori saat Anda melakukan diet bagi tubuh.


Protein pada daging kambing dapat memicu hormon peptide YY atau hormon pemicu rasa kenyang dan dapat mencegah timbulnya rasa lapar. Kalori dalam daging kambing juga terbukti lebih rendah jika dibandingkan dengan daging lain seperti daging ayam atau daging sapi.


Setelah mengetahui semua penjelasan mengenai daging kambing tersebut, Anda dapat menarik kesimpulan bahwa kabar mengenai sate kambing dapat meningkatkan tekanan darah adalah kurang tepat karena hal ini tergantung dari bahan-bahan lain yang digunakan dan cara mengolah daging kambing tersebut.


Apakah anda ingin tahu lebih dalam mengenai cara meningkatkan tekanan darah? atau Ada ingin konsultasi mengenai pola diet sehat? Yuk konsultasikan sekarang dengan Nutrition Coach kami!


18 views0 comments
Post: Blog2_Post
bottom of page