top of page
Search

Pro Kontra Diet Keto



Dalam beberapa tahun belakangan ini ada berbagai macam cara diet yang sering menjadi pilihan banyak orang. Salah satu cara diet yang saat ini banyak menjadi perbincangan di masyarakat adalah diet keto.


Ada banyak kabar yang menyebutkan tentang kehebatan hasil dalam menurunkan berat badan berasal dari diet keto di kalangan masyarakat. Namun dibalik keberhasilannya, ada juga pro kontra diet keto yang beredar di masyarakat.


Apakah Anda sudah mengetahui seperti apakah pengertian dari diet keto ini dan apa sajakah pro kontra diet keto yang beredar di masyarakat? Mari kita mengenal lebih jauh lagi mengenai diet keto.


Pengertian Diet Keto

Diet keto merupakan suatu metode diet yang akan membantu Anda membakar lemak dalam tubuh dan memberikan hasil seperti pada diet pada umumnya, seperti berkurangnya berat badan. Diet keto juga akan membatasi jumlah asupan karbohidrat yang masuk ke dalam tubuh Anda.


Diet keto akan mengharuskan Anda mengkonsumsi 50 gram karbohidrat atau kurang dari pada itu. Dengan jumlah karbohidrat yang lebih sedikit, tubuh Anda akan menjadi ketosis (proses metabolisme normal pada tubuh) sehingga tubuh akan merubah lemak sebagai bahan bakar.


Proses tersebut sering disebut sebagai metabolisme lemak dan proses ini akan menghasilkan senyawa bernama keton yang merupakan asal mula dari nama diet keto ini.


Pro Kontra Diet Keto

Setelah mengetahui tentang diet keto berupa berkurangnya asupan karbohidrat ke dalam tubuh sehingga menjadikan lemak sebagai bahan bakar dan akhirnya menurunkan berat badan, ada juga beberapa pro kontra diet keto yang ada di masyarakat. Berikut ini adalah beberapa pro kontra diet keto tersebut.


1. Cepat Menurunkan Berat Badan

Hal yang menjadi tujuan dari diet keto sama seperti pada diet umumnya yaitu menurunkan berat badan. Beberapa orang berpendapat bahwa diet keto termasuk cara cepat diet untuk menurunkan berat badan.


Jika Anda memiliki target untuk menurunkan berat badan dalam waktu singkat, maka diet keto menjadi salah satu pilihan untuk anda. Diet keto dapat memberikan hasil dalam waktu yang singkat karena dapat merubah lemak menjadi bahan bakar utama untuk tubuh.


2. Mengatur Gula Darah

Diet keto termasuk diet yang mengharuskan Anda untuk mengurangi konsumsi karbohidrat. Hal ini akan memungkinkan Anda untuk mengatur gula darah dengan sangat efektif dan bahkan bisa menjadi obat bagi penderita Diabetes Tipe 2.


Seorang ahli nutrisi yang bernama Dr. Steven Phinney mengatakan “dengan melakukan diet karbohidrat untuk orang yang menderita Diabetes Tipe 2, hal ini akan cukup untuk mengurangi dan mempertahankan gula darah mereka serta menjadikannya benar-benar dalam kadar yang normal”.


3. Menurunkan Peradangan

Saat Anda menjalankan diet keto, Anda dapat menurunkan berat badan sekaligus mengecilkan perut. Selain itu, diet keto ternyata juga memiliki manfaat lain yaitu bisa menurunkan peradangan.


Diet keto mampu menurunkan peradangan, bahkan bisa sampai mengatasi peradangan kronis yang dapat membantu Anda mengatasi beberapa masalah pada tubuh. Beberapa masalah tersebut seperti meringankan nyeri sendi, masalah pencernaan, kelelahan dan masalah kulit.


4. Mengurangi Tekanan Darah

Seorang ahli kardiologi yang bernama Dr. Luiza Petre MD mengatakan bahwa diet keto juga mampu mengurangi tekanan darah Anda meskipun tidak secara langsung.


Dr. Luiza Petre MD juga menambahkan bahwa diet keto ini merupakan diet yang bisa mempengaruhi tekanan darah Anda. Menurunkan berat badan tetap menjadi tujuan utama dari diet ini didukung dengan olahraga yang tepat, diet ini dapat mengurangi tekanan darah Anda.


5. Menyebabkan Lesu

Ketika Anda melakukan diet keto, berarti Anda mengurangi jumlah karbohidrat yang masuk ke dalam tubuh. Namun ada kemungkinan beberapa masalah yang bisa timbul ketika Anda melakukan diet keto.


Beberapa masalah bagi tubuh Anda seperti flu, kram, sakit kepala, dan rasa lapar selama beberapa minggu pertama. Karena hal ini, maka beberapa orang mengatakan bahwa diet keto bukanlah sebuah pilihan yang sehat bagi tubuh Anda dalam menurunkan berat badan Anda.


6. Menyebabkan Gangguan Fungsi Organ

Apakah Anda sudah mengetahui fungsi lain dari karbohidrat selain membuat Anda merasa kenyang? Fungsi lain dari karbohidrat ternyata sebagai sumber utama untuk menghasilkan glukosa.


Glukosa merupakan bahan utama untuk menghasilkan energi bagi tubuh dan dibutuhkan sebagai bahan bakar bagi otak, sistem saraf, sel darah merah, dan beberapa jaringan tubuh lainnya. Glukosa akan diserap oleh tubuh menjadi energi dengan bantuan hormon insulin.


Oleh karena itu, diet yang membatasi jumlah karbohidrat bagi tubuh akan mengakibatkan kekurangan glukosa yang dapat mengganggu beberapa organ vital Anda.


7. Membatasi Jumlah Makanan Tertentu

Diet keto membatasi Anda mengkonsumsi beberapa makanan yang mengandung karbohidrat. Namun bukan makanan yang memiliki karbohidrat saja, diet ini juga akan membatasi anda mengkonsumsi makanan manis.


Jika Anda termasuk orang yang tidak bisa lepas dari makanan seperti junk food dan beberapa minuman yang mengandung gula seperti teh, maka diet ini bisa membuat Anda frustasi. Bahkan diet ini juga akan membatasi jumlah konsumsi buah yang mengandung fruktosa yang tinggi.


8. Kekurangan Vitamin dan Mineral

Seperti yang sudah diterangkan pada poin sebelumnya, diet keto juga akan membuat Anda untuk mengurangi jumlah konsumsi buah. Buah merupakan sumber vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh Anda. Sehingga ada kemungkinan Anda akan melewatkan nutrisi yang penting bagi tubuh.


9. Sulit Dilakukan dalam Jangka Waktu yang Lama

Dengan melakukan diet keto, maka Anda akan mengurangi jumlah asupan karbohidrat yang masuk ke dalam tubuh. Anda dapat membayangkan bahwa proses diet tentunya akan sulit Anda lakukan dalam jangka waktu yang lama.


Beberapa orang mengatakan bahwa diet keto dapat mengubah Anda memiliki pola hidup yang lebih sehat karena tidak banyak mengkonsumsi karbohidrat. Namun jika harus dilakukan dalam jangka waktu yang lama, maka Anda harus kembali mempertimbang dari segi kesehatan dan kebutuhan.


10. Lebih Disarankan untuk Kesehatan

Diet keto menurut beberapa dokter lebih disarankan untuk mengatasi masalah kesehatan jika dibandingkan dengan menurunkan berat badan. Diet keto sering menjadi pilihan saran dari dokter bagi pasien yang memiliki masalah kesehatan seperti Diabetes, Parkinson, dan Epilepsi.


Selain itu, dengan rendahnya jumlah karbohidrat dalam tubuh tidaklah baik. Dengan jumlah karbohidrat yang rendah, tubuh akan kekurangan bahan bakar bagi otot glikogen Anda.


Jika sebelumnya Anda menggunakan bahan bakar dari karbohidrat, maka sekarang lemak sebagai penggantinya. Dengan hal ini, maka lemak dalam tubuh Anda akan berkurang dan berat badan turun. Itulah beberapa pro kontra diet keto yang perlu Anda ketahui. Ingin mengetahui lebih jauh mengenai diet keto? Yuk konsultasikan sekarang dengan Nutrition Coach kami!


19 views0 comments
Post: Blog2_Post
bottom of page